Istilah-Istilah Dalam Twitter



Twitter adalah layanan microblogging yang gratis, dan juga sebagai jejaring sosial yang sudah banyak digunakan oleh personal dan berbagai macam perusahaan sebagai media yang dapat secara langsung memberikan dan menerima informasi secara langsung melalui media online internet.

Pendek kata, Twitter adalah tempat dimana orang-orang saling berbagi atas apa yang ada di pikirannya dan atau apa yang sedang terjadi yang sekiranya menjadi informasi bermanfaat bagi orang lain, dan tentunya ini juga merupakan suatu peluang bagus untuk seorang pengusaha, khususnya pengusaha yang memanfaatkan jalur online untuk perusahaannya.

Twitter dibentuk sejak tahun 2006, namun hingga kini sudah ada pengguna Twitter lebih dari 100 juta pengguna.

Twitter memiliki bahasa sendiri, berikut ini adalah beberapa istilah dalam Twitter yang perlu anda ketahui dan pahami.

#FollowFriday adalah tradisi setiap hari Jumat dimana Anda dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman Anda yang menyenangkan. Silahkan tulis@(namatemanAnda) yang Anda rekomendasikan pada tweet Anda.

Bit.ly atau t.co adalah URL yang dipendekkan,.anda mungkin sering melihat tweet yang mencantumkan huruf-huruf tersebut yang berupa link kehalaman lain. Dengan batasan 140 karakter, akan sulit bagi anda untuk menuliskan link dengan URL yang sangat panjang. Untukmemendekkan URL tersebut, anda dapat membuka situs bit.ly lalu mengetikkan URL panjang tersebut.

Connect adalah fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untukmengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi kita dengan pengguna twitter lain.

Direct Message atau DM adalah semacam email namun dengan ala Twitter. Pesan langsung secara personal ke tweeple yang bersangkutan

Discover adalah fitur untuk mengikuti perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau yang menjadi trending topic, baik berskala internasional maupun regional semisal di Indonesia saja.

Dweet adalah sebuah tweet (update) yang dikirim dalam keadaan “mabuk”, Dweet kemungkinan besar akan menjadi semacam Mistweet.

Embed Tweet On Your Websites adalah fitur yang sangat bermanfaat buat anda yang aktif juga di dunia blogging. Fungsinya untuk memasukan foto dan video yang berasal dari Twitter ke website atau blog kita dengan script dari Twitter, tidak jauh berbeda seperti memasukan video Youtube ke website / blog.

Favorites adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting

Feed adalah daftar update di twitter. Sebuah list tersusun secara kronologis sehingga update yang terbaru akan berada di posisi paling atas. Dalam homepage anda, dapat dilihat feed berisi tweet dari orang yang anda follow. Feed ini disebut juga dengan Timeline. jika anda membuka profile anda, maka akan terlihat feed yang berisi Tweet dari anda. Jika anda mencari sebuah keyword maka akan terlihat suatu feed yang mencantumkan keyword tersebut.

Follow adalah akun Twitter yang anda ikuti update tweet-nya. Untuk mengikuti tweet akun Twitter tertentu cukup klik tombol Follow pada saat Anda membuka halaman akun Twitternya.

Followers adalah user Twitter yang mengikuti kita. Atau yang menfollow Anda. Dalam artian, user tersebut telah menambahkan (add) Anda sebagai teman dan akan menerima updates status Twitter Anda.

Following adalah user Twitter yang kita ikuti. Dan Anda akanmenerima updates status dari dia.

Handle adalah akun Twitter anda, disebut dalam pegangan, dan biasanya diidentifikasi dengan simbol @.

Hash Tags (#) adalah ditambahkan di depan topik tweets supaya pengguna twitter lainnya dapat mencari topik yang serupa.

Heardtrough (HT) adalah tweet yang dituliskan berdasarkan perihal yang terjadi sesungguhnya di dunia nyata.Polanya “HT” + “tweet”

Lists adalah cara untuk menggabungkan beberapa tweet dari orang-orang atau perusahaan yang anda ikuti di satu tempat. List bisa berisikan tweet dari teman dekat, kompetitor, orang-orang dari komunitas tertentu ataupun yang lainnya. List adalah cara yang bagus untuk fokus keberita atau tweet tertentu.

Livetweet adalah rangkaian tweet yang dibuat secara langsung dalam sebuah acara, event, keadaan atau tempat kejadian perkara.

Mention (@) adalah berfungsi untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada nama yang dimaksud.

Microblog adalah kegiatan nge-Blog namun dalam karakter terbatas yakni 140 karakter, itulah kenapa Twitter disebut microblog.

Mistweet adalah kesalahan mengirim Tweet. Tanpa sengaja mengirim Tweet pada follower.

Nudge adalah sebuah sinyal / pemberitahuan pada seseorang di Twitter untuk mengupdate status terakhir.

Overhead (OH) adalah menuliskan tweet kepunyaan user lain tanpa ingin mencantumkan siapa pemiliknya. Polanya adalah, “OH” + “tweet”

Reply adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Jangan hanya.polanya tidak menggunakan tanda"@", maka saya tidak akan dapat membaca atau melihatnya. Namun polanya harus selalu gunakan tanda “@” di depan “username” untuk replay / bertanya / menyapa namun ke user yang lebih spesifik. Maka tweets Anda akan masuk ke replay (mention) mereka.

RT atau ReTweet adalah pengulangan tweet. RT biasanya digunakan apabila, tweet yang akan di RT dirasa penting, menarik atau pantas untuk di RT. Syukur-syukur mereka juga me RT nya kembali ke teman-teman Twitternya yang lain.

Search adalah kolom untuk mencari sesuatu yang anda butuhkan di dunia Twitter, karena kebanyakan tweet adalah bersifat untuk umum atau untuk publik, maka anda dapat mencari tweet apapun melalui fasilitas search ini.

Timeline (Home) adalah daftar kronologi dari tweet anda, orang yang anda ikuti atau list.

Trending Topic adalah sebuah topik yang sedang banyak dibicarakan oleh pemakai twitter pada saat ini (real time).

TTWW (Trending Topic World Wide) adalah topik yang paling banyak diperbincangkan di dunia atau World Wide pada satu waktu tertentu.

Twaffic adalah traffic di Twitter.

Twaiting adalah tweet yang dikirim saat sedang menunggu seseorang atau sesuatu.

Twalking adalah tweet yang dikirim saat anda sedang jalan-jalan.

Twapplications adalah aplikasi untuk mengakses Twitter.

Twead adalah membaca Tweet di Twitter.

Twebay adalah berjualan di Twitter.

Tweeple adalah pengguna Twitter.

Tweeps adalah teman-temana anda selain di Twitter juga di jejaring sosial lainya, misal Facebook, Friendster atau MySpace.

Tweet adalah sebutan untuk updates status Twitter.

Tweet Back adalah membicarakan kembali Tweet yang sudah lama.

Tweeter adalah orang yang mengirim Tweet.

Tweetheart adalah kekasih hati di Twitter.

Tweetup adalah bahasa yang digunakan oleh pengguna Twitter jika mereka ingin bertemu di dunia nyata, yang biasanya si pemimpin Tweetup membuat hashtag tertentu

Twis adalah sikap kurang menghormati seseorang di Twitter

Twitosphere adalah komunitas Tweeter.

Twitpocalypse adalah sebuah topik atau moment di Twitter yang membuat Twitter Client mengalami crash.

Twittastic adalah Twitter fantastic.

Twittercal Mass adalah sebuah reaksi yang besar atas sebuah topik di Twitter.

Twitterphobe adalah orang yang takut bergabung dengan Twitter.

Twitterphoria adalah rasa senang saat seseorang yang anda follow, akhirnya menjadi Follower anda.

Twitterstream adalah twitter timeline.

Twittertude adalah sebuah sikap buruk di Twitter

Twitticisms adalah sebuah Tweet yang lucu.

Unfollow adalah dengan meng-unfollow, anda tidak akan menerima tweet terbaru lagi di timeline anda dari pengguna Twitter yang sebelumnya anda ikuti.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah dalam twitter di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah twitter yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Twitter"

Post a Comment